Nasional

Gugus Tugas Covid : New Normal, Upaya Yang Harus Di hadapi Masyarakat

Barometernews, Jakarta – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 terlihat sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang sebelumnya menjelaskan bahwa rakyat Indonesia akan hidup berdampingan dengan virus Corona, dengan ada perencanaan “New Normal” oleh pemerintah pusat.

Ketua Gugus Tugas Percepatanan Penanganan COVID-19, Doni Monardo, mengatakan hingga kini belum ada satu pun lembaga yang berani mengatakan kapan akhir dari pandemi virus corona, pasalnya angka orang yang terinfeksi virus tersebut di seluruh bagian Indonesia, semakin lama semakin bertambah.

Doni mengingatkan kini strategi “the new normal” yang di gagasi pemerintah pusat menjadi suatu upaya yang harus dihadapi masyarakat bersama, setidaknya sampai vaksin corona ditemukan.

“Sejauh ini belum ada lembaga yang berani mengatakan kapan COVID akan berakhir. Termasuk belum ada kepastian kapan vaksin akan ditemukan, sehingga sangat mungkin kita akan selamanya hidup dengan COVID,” jjar Doni dikonfirmasi, Senin (18/5/2020).

Doni lalu menyampaikan telah memberikan sejumlah masukan kepada pemerintah. Pertama, terkait pentingnya pra-kondisi. Lalu, soal daerah mana yang mulai bisa dibuka dengan melihat data-data zona hijau dengan tingkat penyebaran virus corona yang sudah kecil.

“Tentu yang memiliki kriteria (zona) hijau dan kalau kita lihat ada yang tingkat kasusnya masih rendah, tapi kajian secara data dan riset memiliki peran penting, sehingga mana yang dibuka tidak keliru,” ujarnya.

Selain itu, ia mengingatkan pentingnya kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan ketat demi mencegah tertular virus corona . Doni menyebut pengurangan pembatasan di masing-masing daerah bergantung pada kedisiplinan masyarakatnya dalam menjalankan aturan protokol kesehatan ketat.

Selain itu, Doni memperkirakan juga akan dilakukan simulasi pengurangan pembatasan. Ia pun meminta masing-masing pemerintah daerah siap.

“Lokasi dan bidang apa yang akan dibuka serta simulasi. Demikian juga tentang koordinasi pusat dan daerah agar masing-masing pemda bisa siap. Kemudian tim monitoring dan evaluasi daerah mana yang dibuka dan bidang yang akan dibuka,” tandas Doni. (Tito)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close