Nasional

Jumlah Positif Corona Di Jakarta Kembali Bertambah

Barometernews, Jakarta – Jumlah orang yang terpapar virus Corona di Jakarta kembali bertambah, setelah sebelumnya anggka penderita Corona stabil di Jakarta, namun dalam PSBB tahab kedua yang di canangkan, ternyata justru menambah jumlah penderita.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut kurva kasus positif covid-19 kembali naik di pekan kedua Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Per 18 Mei terdapat 5.996 kasus positif covid-19 dengan 483 orang meninggal dunia. Jumlah kasus positif covid-19 ini hampir mencapai 10 kali lipat dari jumlah kasus positif covid-19 pada 29 Maret, yakni 645 kasus.

Syafrin menyebut saat masa pembatasan kegiatan warga ekstrem, yakni tepat sebelum PSBB tahap pertama hingga pelaksanaan PSBB tahap pertama memasuki pekan kedua, kasus covid-19 di Jakarta melandai. Rata-rata pertambahan kasus baru sebanyak 50 per hari.

“Sementara saat PSBB tahap kedua, trennya meningkat menjadi rata-rata 109 kasus per hari,” ujar Syafrin di konfirmasi, Selasa (19/5/2020).

Peningkatan kasus ini, menurut Syafrin merupakan dampak dari banyaknya pelanggaran PSBB yang sama sekali tidak mau menghiraukan himbauan sebelumnya.

Tren meningkatnya kasus positif covid-19 di Jakarta juga terlihat dalam jumlah pemakaman yang dilakukan dengan prosedur tetap (protap) covid-19.

Sejak 6 Maret sampai dengan 17 Mei jumlah warga meninggal dunia yang dimakamkan dengan protap penyakit menular sebanyak 2.151. Hal ini bertolak belakang jauh dengan jumlah warga yang meninggal ditetapkan karena covid-19, yakni 483 orang.

Syafrin menyebut angka pemakaman ini menunjukkan banyaknya warga yang meninggal terindikasi covid-19, tapi belum sempat diperiksa atau belum keluar hasil tesnya saat dimakamkan.

“Adanya protap covid-19 bagi warga yang meninggal dunia meski belum ada hasil positif ini tidak diinisiasi oleh Pemprov DKI, tapi oleh rumah sakit (RS). Pihak RS mungkin mengidentifikasi ciri-ciri saat yang bersangkutan meninggal adalah pneumonia, maka dilakukan protokol covid-19,” tandasnya. (Tito)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close