Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor Akan Menggelar Acara HKP

barometernews, Kab.Bogor-Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor akan menggelar acara Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) Tingkat Kabupaten Bogor tanggal 04-05 Juli 2019 mendatang yang akan di selenggarakan di Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Bogor. Acaradigelar sebagai bentuk apresiasi pemerintah Kabupaten Bogor terhadap para nelayan dan petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, Ir. Siti Nurianty, MM mengatakan, acara ini diselenggarakan dalam rangka memotivasi serta berbagi pengetahuan dan informasi antara petani-nelayan dengan para pengusaha di bidang agribisnis.

“Kami sangat mengapresiasi, para petani, pekebun, peternak dan nelayan dalam upaya meningkatkan kepemimpinan dan kemandirian petani dan nelayan melalui wadah KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan), serta terus meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilnya serta menjalin kemitraan usaha dan pertukaran informasi antara petani-nelayan dengan para pengusaha di bidang agribisnis, agroindustri dan agrowisata,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, Ir. Siti Nurianty, MM.

Lebih lanjut Siti menambahkan, pada penyelenggaraan Hari Krida Pertanian Tingkat Kabupaten Bogor ke-47 ini mengusung tema “Kita Wujudkan Petani Milenial Menuju Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman Dan Berkeadaban” sesuai dengan Tema Hari Krida Pertanian Tingkat Provinsi Jawa Barat ke-47 yang penyelenggaraannya akan dilaksanakan di Kota Tasikmalaya pada akhir Juli 2019.

“Hari Krida Pertanian (HKP) pada hakekatnya merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati dan sekaligus hari mawas diri, serta hari dharma bakti. Pada hari tersebut masyarakat pertanian menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan nikmatNya yang dilimpahkan-Nya berupa kekayaan alam yang melimpah seperti bumi, air, matahari, iklim, kekayaan fauna dan flora serta mineral-mineral yang oleh masyarakat pertanian diolah dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia. Selanjutnya, bermohon agar pada tahun-tahun berikutnya dapat memperoleh rahmat yang lebih besar dari pemanfaatan kekayaan alam tersebut dengan tanggung jawab untuk tetap melestarikannya,”jelas siti.

“HKP menjadi momen penting sebagai hari penghargaan kepada orang, keluarga, dan masyarakat yang dinilai berjasa dan berprestasi dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya pembangunan di sektor pertanian. Pemberian penghargaan tersebut diharapkan dapat mendorong munculnya cipta karsa dan karya yang lebih besar dan berguna terwujudnya petani milenial,”ucap Siti

Penyelenggaraan HKP ini menurut Siti, akan diikuti sekitar 550 orang yang terdiri atas petani, KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan), PPS (Penyuluh Pertanian Swadaya), dan Pelaku Usaha Pertanian. Diharapkan pula partisipasi masyarakat umum dapat mengikuti dan memeriahkan penyelenggaraan HKP Tingkat Kabupaten Bogor ini.

“Dalam acara HKP Tingkat Kabupaten Bogor ke-47 akan dilaksanakan Rembug Madya KTNA, Mimbar Sarasehan, Gelar Teknologi, Temu Usaha Agribisnis, Talkshow, Aneka Lomba serta Pameran Pertanian. Rembug Madya KTNA adalah forum musyawarah pengurus kelompok KTNA untuk membahas masalah yang dihadapi petani dan nelayan dalam pengembangan usahanya sebagai bahan untuk menyusun kebijakan, rencana dan program kerja, serta keputusan-keputusan KTNA, dimana hasil pembahasan akan ditindaklanjuti dalam Rembug Madya KTNA Tingkat Nasional. Sedangkan Temu usaha Agribisnis adalah pertemuan antara petani/pelaku agribisnis lainnya dengan pengusaha dan institusi terkait untuk meningkatkan kesempatan promosi/transaksi, produk pertanian dan hasil ikutannya, sarana produksi (Saprodi) pertanian, dan jasa yang dibutuhkan petani/pelaku agribisnis lainnya,”ucapnya.

Siti menambahkan, untuk pameran pertanian Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor akan menampilkan produk unggulan dari masing-masing KTNA Tingkat Kecamatan yang bekerja sama dengan UPT/BPP lingkup Distanhorbun, Balai Pertanian, IPB yang diwakili oleh LPPM dan ADS, Balai Penelitian Ternak dan Pertanian, Perbankan, Dinas yang menangani pertanian dan ketahanan pangan lingkup Kabupaten Bogor, serta pelaku usaha pertanian lainnya.

“Selain itu, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor juga akan menampilkan pengembangan teknologi baru yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para petani agar menjadi pengembangan baru serta diharapkan dapat meningkatkan pemasaran hasil produksi pertanian dan perkebunan,”kata Siti.

Selain pameran pertanian, Siti mengungkapkan, acara tersebut nantinya juga akan diisi oleh banyak kegiatan, diantaranya talkshow, lomba-lomba, dan hiburan lainnya. Yang tak kalah seru, khusus bagi pecinta kopi, ada Kopi Bogor yang dipamerkan oleh petani Kopi.

“Akan dipamerkan kopi-kopi khas Bogor yang tidak kalah enaknya. Berbagai stand menarik dari kopi juga akan dihadirkan,”tutur Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan.

“Tidak hanya itu, kegiatan Hari Krida Pertanian ini juga akan dimeriahkan oleh beberapa artis lokal,”ucap Siti

Kadis Tanaman Pangan Hortikutura dan Perkebunan Kab. Bogor berharap pameran ini nantinya akan banyak dihadiri oleh masyarakat umum, kalangan petani dan nelayan, dan seluruh pihak yang mempunyai perhatian penuh terhadap dunia pertanian di Kabupaten Bogor.

“Dengan adanya lebih dari 50 stand ini, kita menargetkan pengunjung yang datang lebih dari 1000 orang,”katanya.

“Semoga, perayaan atas Hari Krida Pertanian Tingkat Kabupaten Bogor ke-47 ini dapat menjadi momentum penghargaan serta apresiasi bagi para petani dan nelayan agar mereka mampu menjadi petani dan nelayan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan motivasi dalam mewujudkan petani milenaial menuju Swasembada Pangan Nasional.Selain itu juga dapat mendorong munculnya cipta karsa dan karya yang lebih besar dan berguna sehingga masa depan pertanian yang lebih baik dapat terwujud,”pungkasnya. (Bin)

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close