Nasional

Kebakaran Besar Tambora, Polres Jakbar Dirikan Tenda Penggungsian Dan Sediakan Makanan Gratis

Barometernews,Jakarta – Sebuah tenda berwarna hitam didirikan di pinggir Jalan Jembatan Besi II. Tenda besar itu untuk pengungsian sementara korban kebakaran di Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat yang di dirikan oleh Polres Metro Jakarta Barat, selain tenda, polisi juga menyiapkan makanan selama pengungsian bagi warga yang kehilangan tempat tinggalnya.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru mengatakan tenda itu dibuat di pinggir jalan dengan alasan pencegahan Covid-19 di tengah para pengungsi.

“Ini sengaja kami taruh di pinggir jalan. Karena bahaya Covid-19. Kalau di dalam gang dikhawatirkan warga padat-padatan dan tertular wabah corona,” ujar Audie ditemui di tenda pengengsian kebakaran Selasa (19/5/2020)

Audie menyebut saat ini pihaknya membantu Pemerintah Kota Jakarta Barat tengah mempersiapkan bantuan untuk korban kebakaran, dalam laporan diketahui ada sekitar 700 jiwa yang harus mengungsi karena rumah mereka terbakar.

“Sementara ini kami siapkan makanan siap saji terlebih dahulu untuk warga yang tidak berpuasa siang nanti. Sisanya nanti makanan siap saji ketika buka puasa,” ujar Audie.

Audie menyebut sementara ini ada tiga Posko pengungsian disediakan. Satu posko berupa tenda di pinggir Jalan Jembatan Besi II, satu posko di rumah dinas Lurah Jembatan Besi dan satu posko di Kantor Kelurahan Jembatan Besi.

“Nanti kami tetap utamakan physical distancing di posko-posko tersebut,” ujar Kapolres

Pantauan, pukul 11.20 WIB mobil-mobil Damkar sudah beranjak pergi dari Jembatan Besi, api sudah berhasil dipadamkan dan didinginkan.

Namun bau kabel-kabel terbakar masih tercium di kawasan tersebut. Pemukiman terparah yang terbakar ada di RT13 RW03 persis belakang Kantor Kelurahan Jembatan Besi.

Mayoritas rumah di pemukiman peduduk itu sudah hangus dilalap api, sementara ini Jalan Jembatan Besi II ditutup karena insiden tersbeut.

Ditambahkan Audie, selain menyiapkan makanan bagi pengungsi oleh pihaknya di dekat lokasi kebakaran, jajaran Polres Jakbar juga mengadakan kegiatan empathy building berupa program warteg peduli guna meringankan para korban kebakaran.

“Program empathy building ini dengan memberikan bantuan makanan kepada masyarakat korban kebakaran, Jadi bagi masyarakat yang terkena musibah kebakaran ini dapat makan secara gratis di warteg yang sudah disediakan,” tandasnya. (Tito)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close