Kabar Militer

Pangdam XVIII/Kasuari: Masyarakat Papua Barat Bangga Memiliki Kodam XVIII/Kasuari

Barometernews, Manokwari Kasuari 18 – Dalam usia yang relatif muda ini, Kodam XVIII/Kasuari telah banyak berkiprah memberikan darma bktinya kepada Negara dan Bangsa Indonesia melalui berbagai kontribusi positif kepada TNI Angkatan Darat dalam menjaga keutuhan NKRI di wilayah Papua Barat. senin (6/7)

“Kita juga bisa berbangga karena kehadiran Kodam XVIII/Kasuari telah menjadi kebanggaan bagi masyarakat di Papua Barat. Mereka bangga memiliki Kodam XVIII/Kasuari karena para prajuritnya menjunjung tinggi kearifan lokal masyarakat adat Papua Barat, juga implementasi dari sikap perilaku para Prajurit Kodam yang menjunjung tinggi nilai-nilai sebagai Prajurit Pelindung Rakyat,” kata Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P, M.Si.

Hal itu diungkapkannya saat memimpin Acara Tradisi Satuan, Serah Terima Jabatan dan Penyerahan Tugas Pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Senin (6/72020) pagi di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Lebih lanjut dikatakan, eksistensi Kodam XVIII/Kasuari yang baru berusia 3,5 tahun masih banyak memiliki kekurangan, baik dalam penataan organisasi, personel, pembinaan latihan, materiil, ketersediaan pangkalan, serta berbagai fasilitas lainnya. Oleh sebab itu Mayjen Ali Hamdan Bogra berharap agar pejabat yang baru melakukan berbagai terobosan guna mengaselerasikan pembangunan Kodam XVIII/Kasuari dalam kurun waktu rencana stretegis (Renstra) 5 tahun ke depan.

“Mudah-mudahan melalui proses mutasi besar ini akan membawa dampak positif pada pengembangan karier para pejabat yang akan pindah satuan dari Kodam XVIII/Kasuari dan kehadiran para pejabat baru diharapkan dapat membawa semangat baru, meningkatkan kinerja, dan prestasi satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari,” harap Pangdam.

Dirinya yakin dan percaya, dengan bekal pengalaman tugas pada jabatan sebelumnya, para pejabat baru tersebut akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab jabatannya yang baru dengan baik dan berhasil.

Adapun kepada para pejabat yang akan meninggalkan Kodam XVIII/Kasuari dan akan melanjutkan penugasan ke berbagai Satuan TNI AD di luar Provinsi Papua Barat, Mayjen Ali Hamdan Bogra juga menyampaikan pesannya.

”Tetaplah menjadi Prajurit ‘Patriot Pembela Rakyat’ sebagai nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh para Prajurit Kodam XVIII/Kasuari. Tetaplah jaga hubungan silaturahmi dengan almamater ini dan saya berharap setelah para perwira bertugas pada jabatan yang baru nantinya agar tetap dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan Kodam XVIII/Kasuari,” pesannya.

 

Selanjutnya pada kesempatan tersebut Jenderal bintang dua ini mengingatkan kepada seluruh para Prajurit Kodam XVIII/Kasuari, khususnya yang hadir pada acara tersebut untuk menyikapi dengan baik dan benar kondisi saat ini, yakni dengan masih merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19) di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Sebagai upaya untuk tidak tertular virus tersebut, menurut Pangdam perlu upaya untuk selalu menjaga diri dalam kehidupan sehari-hari, dengan menjaga kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh.

”Menjaga kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan berolahraga yang teratur serta tetap menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada dan bertugas, yaitu dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sesering mungkin, sehingga kita terhindar dari pandemi Virus Corona tersebut,” kata Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Untuk diketahui, acara ini merupakan realisasi/tindak lanjut dari Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Keputusan/503/VI/2020 tanggal 08 Juni 2020, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Angkatan Darat.

Terdapat 34 jabatan di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari yang diserahterimakan pada acara ini, diantaranya jabatan Danrindam, 6 jabatan Asisten, 15 jabatan Kabalakdam, dan 8 Staf Ahli Kodam, serta pejabat setingkat kolonel sebagai bagian dari mutasi di lingkungan TNI Angkatan Darat dalam bentuk Tour Of Duty (TOD) dan Tour Of Area (TOA), sekaligus sebagai bagian dari proses pembinaan personel.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam XVIII/Kasuari, Irdam, Kapok Sahli Pangdam, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, dan Ketua beserta para Pengurus Persit KCK PD XVIII/Kasuari.

Sumber berita: letkol Inf. Ertoto

Editor: cahyono

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close