Seputar Depok

Pemkot Depok Gencar Tertibkan Kabel Udara Yang Semrawut

Kita akan kembali melakukan penertiban kabel udara tahap kedua di tahun ini

barometernews, Depok – Pemerintah Kota Depok kembali melakukan pemutusan kabel udara dalam rangka relokasi kabel udara ke saluran serat optik bersama bawah tanah di sepanjang Jalan Margonda Raya.

Acara dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Wakapolresta Depok, Kasdim 0508/Depok, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Depok, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok dan para Pimpinan Perusahaan Operator Listrik, Telekomunikasi dan Jasa Internet, Jum’at (12/07/19).

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan pemutusan kabel udara ke saluran serat optik bawah tanah, selain sebagai salah satu upaya penataan kota agar lebih tertib, nyaman dan indah, juga sebagai perwujudan Kota Depok menjadi Smart City atau Kota Cerdas yang mendukung pelayanan kepada masyarakat dengan menggunakan teknologi informasi.

“Diharapkan dengan penerapan jaringan telekomunikasi berada di bawah tanah, baik dengan ada saluran utilitas ataupun tidak, lebih aman dari gangguan jaringan, sehingga layanan informasi selalu tersedia dan penataan kota juga menjadi lebih tertata, tertib, juga aman dari gangguan adanya putus kabel atau tiang miring yang juga mengganggu kenyamanan dan membahayakan pengguna jalan,” ungkapnya.

Adapun penurunan kabel udara tahap pertama telah dikerjakan sepanjang 3,9 km sisi barat dan 3,96 km untuk sisi timur Jalan Margonda. Dan kini tahap kedua dilakukan.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Disnkominfo) Kota Depok, Shandy Syamsurizal Kriestiyadie mengatakan penertiban akan dilakukan oleh instansi gabungan, seperti Diskominfo, perangkat daerah terkait serta Jabartel.

“Kita akan kembali melakukan penertiban kabel udara tahap kedua di tahun ini. Setelah sebelumnya sudah dilakukan penertiban mulai dari Universitas Indonesia (UI) sampai ke Simpang Ramanda, baik sisi kiri maupun kanan sejauh 5,5 km,” katanya.

Dikatakan Shandy, penertiban kabel udara tahap kedua akan dimulai dari Simpang Ramanda-Tugu Jam, Tugu Jam-Jalan Siliwangi, dan Jalan Siliwangi-Jalan Tole Iskandar. Kemudian, dilanjutkan Jalan Tole Iskandar-Simpangan Depok.

“Saat ini, sedang dalam tahap persiapan. Penyediaannya sudah melakukan ducting untuk kabel bersama. Artinya, disiapkan dulu fiber optik di bawahnya baru dilakukan penurunan sehingga tidak menggangu proses pelayanan dari masing-masing operator,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, penertiban kabel udara di beberapa ruas jalan protokol ditargetkan rampung akhir tahun 2019. Dengan begitu, jalan protokol di Kota Depok dapat terbebas dari kabel udara yang tidak tertata.

“Kita berharap penertiban ini membuat Kota Depok terlihat lebih rapi dan indah,” tandasnya. (Bin)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close