Nasional

Pertamina RU V Kirim Truk Pemadam Kebakaran Untuk Bantu Disinfeksi di Kota Balikpapan

Barometernews, Balikpapan Diketuai oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, Pertamina RU V ikut berpartisipasi dalam kegiatan disinfeksi di beberapa wilayah di kota Balikpapan dengan mengirimkan tim dan satu unit mobil pemadam kebakaran, Rabu (25/3).q

Region Manager Communication & CSR Kalimantan, Roberth Marchelino Verieza mengatakan pengiriman tim dan unit mobil damkar milik Pertamina RU V tersebut sebagai dukungan Pertamina terhadap program Pemerintah Kota Balikpapan dalam memerangi penyebaran virus Covid 19.

Menurut Roberth berdasarkan koordinasi dengan BPBD Kota Balikpapan, pada hari ini akan dilakukan penyemprotan disinfektan di kota Balikpapan, dan dengan satu unit truk damkar berkapasitas 8.000 liter, Pertamina melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah kecamatan Balikpapan Barat, tepatnya di jalan Letjen Suprapto dari depan kantor Koramil Balikpapan Barat menuju Baru Ulu dan arah sebaliknya hingga ke lapangan merdeka.

“Sambil melakukan penyemprotan disinfektan, truk damkar Pertamina juga mensosialisasikan imbauan untuk menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS) dan mengurangi kegiatan interaksi menggunakan pengeras suara”, lanjut Roberth.

Roberth juga mengingatkan bahwa dalam memerangi penyebaran virus Covid 19, Pemerintah Kota Balikpapan sendiri telah melakukan beberapa langkah pencegahan, seperti penghentian berbagai kegiatan keramaian dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Namun kerjasama dari seluruh pihak juga sangat dibutuhkan dalam menanggulangi penyebaran virus tersebut.

Selain mengirimkan truk damkar untuk melakukan penyemprotan disinfektan, di waktu yang bersamaan Pertamina juga tengah melakukan kegiatan disinfeksi di masjid Jami’ Miftaahul Khyor dan Masjid Baitul Ghofur di kelurahan Prapatan. Menurut Roberth, selain melakukan berbagai upaya penanggulangan penyebaran virus untuk kalangan internal, Pertamina juga berkontribusi aktif melakukan hal serupa untuk masyarakat sekitar. (Deni)

Refinery Unit (RU) V Balikpapan merupakan salah satu Unit Bisnis Direktorat Pengolahan Pertamina yang produknya disalurkan ke kawasan Indonesia bagian Timur dan beberapa produk disalurkan ke Indonesia bagian Barat dan diekspor. Produk-produk yang diproduksi meliputi Bahan Bakar Minyak/BBM (Premium, Kero, Solar, Pertadex & Pertamax), Non Bahan Bakar Minyak/NBBM (Smooth Fluid 05), dan LPG.
Berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur, RU V telah beroperasi sejak 1922 dan saat ini memasok hingga 26% total kebutuhan BBM di seluruh Indonesia. Lokasi RU V sangat strategis untuk memasok kebutuhan BBM di kawasan Indonesia Timur, dan didukung oleh jaringan distribusi yang baik, mencakup pipa distribusi,kapal tanker, serta moda transportasi darat.
Refinery Unit V memiliki kapasitas pengolahan minyak mentah 260 MBSD setara 25% dari kapasitas intake nasional dan market share BBM 15,6 % skala nasional.
Kapasitas kilang RU V ditargetkan untuk dikembangkan sebesar 100 MBSD menjadi 360 MBSD melalui Program Refinery Development Master Plan (RDMP).

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close