Nasional

Polda Metro, Gelar Rapid Test Untuk 1000 Orang Saat Car Free Day

Barometernews, Jakarta – Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya menggelar Bhakti Sosial dalam bidang kesehatan menyambut Hari Bhayangkara ke 74, kegiatan Rapid Test Walk Thru di lokasi olah raga CFD Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Mnggu (2106/2020).

Bekerja sama dengan Pusat Kedokteran dan Kesehatan Mabes Polri, RS Polri Tk.I Kramatjati, Kesehatan Kodam Jaya, Korlantas Polri, Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dinas Kesehatan Pemda DKI Jakarta, ditargetkan dapat melaksanakan Rapid Test untuk masyarakat sebanyak 1.000 orang.

Acara dibuka oleh Kapusdokkes Polri Brigjen dr. Rusdianto dan dihadiri pejabat terkait yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Rapid Test Walk Thru di CFD GBK, Senayan.

“Dengan menunjukkan KTP masyarakat dapat mendaftar untuk mengikuti Test Rapid ini secara gratis, dan hasilnya dalam waktu 10 menit dapat diketahui,” ujat Rusdiyanto di Senayan, Minggu (21/6/2020).

Selanjutnya surat keterangan hasil Rapid Test ini juga dapat digunakan sebagai syarat perjalanan ke luar kota dan bagi masyarakat yang naik pesawat terbang yang berlaku selama 3 hari.

Kemudian, Kabiddokkes Polda Metro Jaya Kombes dr. Umar Shahab menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Rapid Test Walk Thru Hari Bhayangkara ke-74, Polda Metro Jaya menargetkan sebanyak 1000 orang untuk test Rapid.

“Apabila ditemukan hasil test Rapid reaktif dengan test SWAP. Bila hasilnya Positif akan dilakukan Isolasi mandiri dan edukasi,” kata Umar.

Kegiatan Bakti Sosial bidang kesehatan ditujukan untuk membantu masyarakat dalam rangka mengentaskan segera proses Wabah Covid-19 di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Tema Hari Bhayangkara ke-74 dengan “Situasi Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif”.

Tampak sebanyak 88 tenaga medis yang tergabung dalam pelaksanaan Test Rapid Walk Thru di CFD GBK Senayan ini melayani masyarakat, mulai dari himbauan dan ajakan untuk mengikuti test rapid, mengarahkan mencuci tangan dengan sabun dan antrean untuk mendaftar dengan protokol kesehatan, hingga proses pengambilan sampel test darah dan pemberian Surat Keterangan Hasil Test Rapid.

Pelibatan Personel dan Tim Medis dalam rangka Test Rapid Walk Thru ini terdiri dari Biddokkes Polda Metro Jaya sebanyak 32 orang, Pusdokkes Polri sebanyak 30 orang, RS Polri Tk.I Kramatjati sebanyak 15 orang, Kesehatan Kodam Jaya 5 orang dan Dinas Kesehatan Pemda DKI Jakarta sebanyak 6 orang.

Seorang warga bernama Muslim yang sedang berolahraga di CFD Senayan, sempat mengikuti Test Rapid dan hasilnya negatif, mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian yang telah menggelar test Rapid secara gratis dan mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-74, semoga Polri semakin dicintai masyarakat. (Tito)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close