Nasional

PSBB Transisi, Ragunan Hanya Boleh 1000 Pengunjung Perhari

Barometernews, Jakarta – Sejumlah lokasi hiburan rekreasi keluarga di wilayah Jakarta sudah mulai dibuka, diantaranya Ancol, Kebun Binatang Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Meski begitu, jumlah pengunjung yang diperbolehkan berkunjung tiap harinya masih terbatas. Hal ini agar physical distancing atau jaga jarak aman tetap bisa diberlakukan.

Di Kebun Binatang Ragunan sendiri, jumlah orang yang diperbolehkan berkunjung tiap harinya dibatasi, yakni hanya 1.000 per hari. Atau sekitar 5 persen dari jumlah normal, dimana saat normal sebelum adanya pandemi Covid-19, jumlah pengunjung dapat mencapai 20 ribu per hari.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengatakan, pembatasan pengunjung di Kebon Binatang Ragunan dilakukan agar hewan-hewan di sana tidak shock dan stres lantaran sudah tiga bulan terakhir tak melihat kerumunan orang.

“Kenapa begitu? Karena sudah hampir tiga bulan binatang-binatang di sana tidak dapat kunjungan, dari Pak Gubernur itu (menyampaikan) ada tahapan supaya binatang itu tidak kaget,” ujar Riza ditemui di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, Sabtu (20/6/2020).

“Karena dari ramai dulu tiga bulan sepi tahu-tahu rame lagi, menjadi berbahaya. Jadi supaya menjaga Irama dan sebagainya, kebun binatang hanya kita batasi 1.000 pengunjung di PSBB transisi ini,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, selama masa transisi ini, warga yang hendak berekreasi, baik di Kebun Binatang Ragunan, TMII maupun Ancol, mereka harus membeli tiket secara online.

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya antrean akibat banyaknya warga yang hendak berekreasi di tempat-tempat reakreasi itu. Selain itu, agar jumlah pengunjung dapat terkontrol dan tidak melebihi kapasitas yang sudah ditetapkan.

“Kita menggunakan aplikasi, jadi warga yang ingin datang ke Ancol, Ragunan dan yang lain-lain itu tidak bisa datang langsung. Mereka harus mendaftar melalui aplikasi yang sudah disiapkan,” ujar Riza.

“Tujuannya untuk memastikan bahwa jumlah pengunjung tidak melebihi dari ketentuan yang sudah diputuskan bersama,” ujarnya.

Sebelum dibuka, tempat-tempat rekreasi di Jakarta juga telah ditinjau langsumg oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Seperti dalam kunjungannya ke Ancol, Anies memastikan protokol lesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, pembatasan pengunjung, dan physical distancing telah diterapkan dengan baik. (Tito)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close