Seputar Depok

Renja Disdik Depok Fokuskan Sarana Prasarana Dan Kembangkan Merdeka Belajar

Barometernews, Depok – Forum Rencana Kerja (Renja) Disdik di Wisma Hijau, Cimanggis, Rabu (19/02/20). Dinas Pendidikan Kota Depok menyebut program Merdeka Belajar inisiatif Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Gagasan Nadiem Makarim itu dinilai sebagai langkah awal untuk mencapai sistem pendidikan yang lebih baik dan perlu di terapkan di sekolah.

Program Merdeka Belajar bukan berarti ujian dihapuskan. di semua tingkatan SD dan SMP ada standarisasi oleh Disdik dengan memberikan pemahaman ke anak-anak SD dan SMP kata Thamrin,usai memaparkan materi dalam Forum Rencana Kerja (Renja) Disdik di Wisma Hijau, Cimanggis Kota Depok.

Menurut Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin,salah satu pokok kebijakan dalam program Merdeka Belajar terkait Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) Tahun ini,diserahkan kepada sekolah masing-masing.disdik memfasilitasi tenaga pendidik dalam menyusun soal-soalnya.

“Begitu juga untuk penilaian kelulusan akan dinilai dari sejumlah aspek seperti portofolio berupa penilaian karakter anak, prestasi non akademi, ada juga penugasan USBN itu sendiri,” ujarnya.

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dipastikan Berbasis Komputer (UNBK) dan perlu di ketahui UN SMP tahun ini yang terakhir kalinya.

“Menyikapi kebijakan Merdeka Belajar dari pusat, kami berupaya hati-hati sekali menerapkannya. Kami ingin meluruskan bahwa ujian tidak dihapus”, jelasnya.

Sedangkan kebijakan lainnya kata Tamrin, mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui sistem zonasi. Awalnya memiliki bobot 90 persen, tahun sekarang turun menjadi 50 persen.

“Semoga dengan begini kwalitas pendidikan di Kota Depok semakin lebih baik lagi”, imbuhnya.

Di sisi lain sarana dan prasarana di tahun 2021 akan tetap fokus menyelesaikan pembangunan ataupun rehab sekolah, sebagaimana dalam penyusunan Renja ini.

“ya masih tetap akan kita programkan, sebab masih banyak sekolah yang perlu kita bangun”, pungkasnya. (Deni)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close