Kesehatan

RS. EMC Sentul Gandeng Alfa Omega Peduli, Mengadakan Baksos Operasi Hernia & Bibir Sumbing

Barometernews, Babakan Madang – Sebagai upaya membantu kesehatan masyarakat kurang mampu, Rumah Sakit EMC Sentul bekerjasama dengan Alfa Omega Peduli dan Smile Train mengadakan bakti sosial berupa operasi hernia dan operasi bibir sumbing gratis. Sebanyak 71 pasien yang akan dilakukan operasi, terdiri dari 58 orang operasi hernia dan 13 orang operasi bibir sumbing.

Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan dua hari, tanggal 6-7 juli 2019. Direktur Rumah Sakit EMC Sentul dr. Hardjanto mengatakan kegiatan bakti sosial ini rutin dilaksanakan oleh Rumah Sakit EMC Sentul.

“Bakti sosial seperti ini sudah rutin kita laksanakan dalam setahun bisa 3-4 kali pelaksanaan, kita bekerjasama dengan Alfa Omega Peduli untuk menjaring para calon pasien, harapan kita berbagi kebahagiaan dengan masyarakat yang mengalami hernia dan kelainan bibir sumbing agar dapat hidup nyaman dan tersenyum bahagia,” kata Hardjanto.

Sementara itu, perwakilan dari Alfa Omega Peduli dr. Ana Sillalahi menjelaskan untuk mendapatkan calon pasien kita bekerjasama dengan kader-kader di setiap daerah.

“Prosedur kita kerjasama dengan kader-kader kesehatan di setiap daerah, ketika sudah terkumpul kita lakukan screning, setelah itu kita diagnosa apakah ini benar-benar penyakit hernia, lalu kita konsultasikan dengan dokter spesialis, ketika semua prosedur sudah dijalankan baru lah calon pasien ini kita lakukan operasi dengan pihak rumah sakit,” jelas Ana.

Terpisah, ketua bakti sosial Rumah Sakit EMC Sentul dr. Rizki Ramadhana berharap RS EMC Sentul bisa membantu masyarakat yang kurang mampu yang jauh dari akses kesehatan.

“Harapan kita semua kita bisa bantu masyarakat, khususnya masyarakat yang sulit mendapatkan akses kesehatan, para pasien sekarang ini dari pelosok-pelosok, ada yang dari pedalaman cianjur, intinya kita bantu sesama yang membutuhkan,” harap Rizki.

Ia pun menambahkan, kegiatan ini dilakukan oleh RS EMC Sentul bekerjasama dengan Alfa Omega Peduli dan Smile Train.

“Baksos ini juga berkat kerjasama kita dengan Alfa Omega Peduli, mereka yang menjaring para calon pasien dari kalangan yang kurang mampu kita RS EMC Sentul yang menyediakan tempat, ini semua gratis, kita yang tanggung semua biaya dan Alfa Omega Peduli,” tambahnya.

Sementara itu, Wawan Nirwana asal cianjur orang tua dari pasien hernia mengatakan sangat bersyukur dengan adanya operasi hernia gratis seperti ini.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya operasi gratis seperti ini, anak saya Dandi Rustandi berusia 12 tahun mengidap penyakit hernia, selama setahun mengeluhkan sakit dibagian bawah, hari ini alhamdulillah tinggal menunggu proses operasi, semoga berjalan lancar dan selamat,” kata Wawan.

Dari total keseluruha kurang lebih 71 pasien operasi hernia dan kelainan bibir sumbing ini berasal dari wilayah Jawa Barat yang terdiri dari wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Cianjur, Sukabumi dan Bandung. (Bin)

Show More

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close