Nasional

Sebanyak 500 Satpol PP Akan Diterjunkan Saat Car free Day, Yang Tidak Pakai Masker Kena Sanksi

Barometernews, Jakarta – Sebanyak 500 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI akan dikerahkan untuk memastikan Car Free Day (CFD) di MH Thamrin – Sudirman, Jakarta, berjalan dengan tertib, dan juga mengontrol warga akan penerapan protokol kesehatan dengan jaga jarak dan memakai masker.

“Besok sebanyak 500 personel akan dikerahkan di CFD. Ini kali pertama CFD diadakan kembali (selama pandemi Covid-19),” ujar Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin ditemui di Central Park Mall, Jakarta Barat, Sabtu (20/6/2020).

Dikatakan Arifin, anak-anak, ibu hamil dan lanjut usia (lansia), dilarang untuk mengikuti kegiatan CFD selama masa transisi. Pasalnya, mereka dinilai rentan terpapar Covid-19.

Selain itu, pedagang juga tidak diperbolehkan berdagang di area CFD untuk sementara waktu. Hal ini guna menghindari terjadinya kerumunan orang di lokasi CFD.

“Engga boleh bawa anak, ibu hamil, lansia tidak boleh. Pedagang sementara ini tidak diperbolehkan di lokasi Car free day,” ujar Arifin.

Lebih lanjut Arifin menegaskan, semua orang yang hendak datang ke lokasi CFD diwajibkan untuk menggunakan masker. Apabila kedapatan tak menggunakan masker maka dapat dikenai denda sebesar Rp. 250 ribu atau sanksi kerja sosial.

“Yang dipastikan bahwa orang yang tidak mengenakan masker akan dikenakan sanksi,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah meniadakan CFD sejak 15 Maret 2020. Hal ini guna mencegah penularan Covid-19.

Namun pada Minggu (21/6/2020), CFD kembali digelar di sepanjang Jalan MH Thamrin – Jalan Sudirman, Jakarta.

CFD pada masa PSBB transisi hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin berolahraga. Oleh karena itu, para pedagang kaki lima (PKL) dilarang berjualan di area CFD selama masa PSBB transisi. (Tito)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close