Nasional

Sinergi 5 BUMN Berbagi di Perayaan Saraswati Probolinggo

Barometernews, Probolinggo Pertamina bersama PT Industri Kereta Api (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT PN XI dan PT Waskita Karya Tbk (Persero) melakukan kegiatan bakti sosial yakni Pangan Murah dan Berbagi Kebahagiaan dengan anak-anak dari masyarakat yang membutuhkan di kawasan Tengger. Bakti Sosial ini digelar pada perayaan Saraswati yang dipusatkan di Desa Ngadirejo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Pada Bakti Sosial dalam bentuk gelar Pangan Murah tersebut, sebanyak 1.000 paket sembako murah senilai Rp 100.000,- per paket dijual dengan harga Rp 25.000,- per paket. Paket sembako yang disediakan pada Pangan Murah ini berupa beras, minyak goreng, gula, garam dan sarden yang dalam penyediaannya merupakan hasil kerjasama dengan Bulog setempat.

Pembukaan Pangan Murah ditandai dengan penyerahan simbolis paket sembako murah dari Plt Deputi Bidang Usaha Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Yuni Suyanto, VP CSR SMEPP PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita, GM Sekretaris Perusahaan PT Industri Kereta Api (Persero), Puguh Dwi Tjahjono, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT PAL Indonesia (Persero), Rariya Budi Harta, Kepala Divisi PKBL PT PN XI, Sugiarti dan Head Small Medium Enterprise & Social Responsibility Partnership PT Waskita Karya Tbk (Persero), Meiriawan, kepada perwakilan warga dan disaksikan oleh Camat Sukapura, Maryoto S.Sos, M.Si.

Vice President Corporate Social Responsibility Pertamina, selaku Koordinator BUMN, Arya Dwi Paramita, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergi BUMN dan bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan BUMN tersebut telah berlangsung sejak 2015 di semua provinsi di Indonesia.

“Gelar pangan murah ini bertujuan membantu masyarakat mendapatkan dan mengakses kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Dan hasil dari penjualan Pangan Murah akan kami kembalikan lagi kepada masyarakat dalam bentuk sumbangan yang bermanfaat bagi masyarakat,”ujarnya. (15/12).

Selain itu, lanjut Arya Dwi Paramita, kelima BUMN tersebut juga melaksanakan kegiatan Berbagi Kebahagiaan dengan Anak-anak dari keluarga kurang mampu di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Bantuan diberikan kepada 100 orang siswa tingkat SD, SMP, dan SMK yang kurang mampu. Masing-masing mendapatkan bingkisan berupa peralatan sekolah senilai Rp 100.000,- dan santunan pendidikan sebesar Rp. 250.000,-.

Pada kegiatan tersebut, anak-anak berkesempatan untuk menampilkan keterampilan mereka di bidang kesenian tari, selain terdapat hiburan menarik lainnya dan permainan edukasi berupa games yang dapat menambah wawasan anak-anak.

“Ini wujud nyata kepedulian BUMN kepada generasi penerus bangsa dengan berbagi kebahagiaan bersama anak-anak kurang mampu melalui pemberian santunan dan bingkisan perlengkapan sekolah,”imbuh Arya.

Selain itu, tambahnya, Pertamina dan Waskita Karya juga memberikan bantuan sarana prasarana berupa perbaikan pura diberikan untuk Pura Luhur Guru Nata dan Pura Agung Sari Kencono. Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan tingkat ibadah warga dan prestasi belajar anak-anak

Menurutnya, bakti sosial yang digelar pada perayaan Saraswati sekaligus akan mengingat arti penting Saraswati bagi umat Hindu yaitu hari dimana turunnya ilmu pengetahuan yang suci bagi umat manusia untuk kemajuan, perdamaian dan kemakmuran umat manusia.

Arya menambahkan, hadirnya lima BUMN di Provinsi Jawa Timur merupakan bentuk aksi nyata kepedulian BUMN kepada masyarakat. Sebelumnya, Pertamina, Waskita Karya, INKA, PT PN XI dan PT PAL Indonesia telah bersinergi dalam penyelenggaran BUMN Hadir Untuk Negeri berupa Safari Ramadan dan HUT RI yang dipusatkan di Kabupaten Tuban. (Deni)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close