Nasional

Wagub DKI : 12 Pasar Di Jakarta, Klaster Penyebaran Virus Corona

Dari 12 pasar itu, didapatkan 79 pedagang dinyatakan positif Covid-19

Barometernews, Jakarta – Total ada 12 pasar di seluruh DKI Jakarta yang dinyatakan sebagai klaster penyebaran Covid-19. Hasil itu didapat dari uji swab masal yang dilakukan di 33 di pasar tradisional di Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut dari hasil uji swab itu ditemukan 12 pasar yang menjadi kluster Covid-19.

“Data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta sudah 33 pasar yang melakukan uji swab masal dari situ didapat tujuh pasar negatif Covid-19 sementara 12 pasar yang positif. Sisanya masih menunggu hasil,” ujar Riza ditemui di Pasar Palmerah, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (20/6)

Dari 12 pasar itu, didapatkan 79 pedagang dinyatakan positif Covid-19. Para pedagang yang positif Covid-19 dipastikan sudah menjalankan isolasi mandiri.

Terhadap pasar yang menjadi kluster penyebaran Covid-19, Riza Patria meminta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta menutup sementara 12 pasar tersebut.

Penutupan berlangsung selama pasar dibersihkan dengan cairan disinfektan.

Tanpa menyebut pasar mana saja yang positif Covid-19, Riza berharap Satpol PP benar-benar menindak tegas penutupan sementara pasar-pasar tersebut.

“Mudah-mudaha kasus ini menjadi contoh bagi semua pedagang semua pasar bahkan semua unit kegiatan dan masyarakat dalam terapkan kedisiplinan protokol kesehatan,” ujar Riza.

Diberitakan sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kunjungi sejumlah fasilitas publik di Jakarta Sabtu (20/6/2020). Disana ia melihat sejumlah kepatuhan pengunjung dalam menerapkan protokol kesehatan.

Kunjungan pertama Riza sambangi Pasar Palmerah, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pukul 11.00 WIB, Riza tiba di Pasar Palmerah.

Disana Riza berkeliling di lantai satu dan lantai dua pasar.

Riza meninjau ketertiban pedagang dalam ketentuan ganjil genap selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Riza juga sempat membagikan face shield kepada pedagang pasar.

Usai meninjau, Riza Patria apresiasi kepatuhan ketaatan Pasar Palmerah akan protokol Covid-19. Mulai dari ketersedian tempat cuci tangan, pemakaian masker baik pedagang dan pembeli hingga physical distancing.

“Saya lihat tadi pintu masuk juga dibatasi tali pembatas ada untuk yang masuk dan keluar sehingga pengunjung tidak berdesakan,” kata Riza usai kunjungan.

Selain itu ia juga apresiasi pemasangan penanda arah di lantai pasar sehingga minimlisir sentuhan antara pengunjung.

Riza Patria juga apresiasi pedagang yang mulai taat dalam memakai masker. Bahkan ada pedagang mengaku tidak akan melayani pembeli yang tidak memakai masker.

Setelah ke Pasar Palmerah, Riza Patria kunjungi Mall Central Park, Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Disana politisi Partai Gerindra itu juga apresiasi pengelola mall yang meminimalisir sentuhan terhadap beberapa fasilitas umum di mal tersebut.

“Saya apresiasi pengelola Central Park Mall yang sediakan fasilitas minim sentuhan seperti tombol lift,” ujarnya.

Rencananya usai kunjungi Central Park Mall, Riza akan kunjungi Terminal Kalideres, Jakarta Barat. (Tito)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close